KARTU SOAL “BEDAH SKL” UJIAN NASIONAL
SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia PROGRAM : IPA/IPS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Menemukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan kalimat yang rumpang, siswa memilih konjungsi korelatif yang sesuai |
Butir Soal : Saat ini, … pengusaha menengah … kecil mempunyai akses yang sama untuk mendapatkan modal. Konjungsi koleratif yang paling tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dari kalimat di atas adalah .... a. tidak hanya … melainkan juga … b. bukan hanya … tetapi juga … c. hanya … dan … d. entah … entah … e. baik … maupun … | |
Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan konjungsi antarklausa | |
Butir Soal : Prestasi olah raga bulu tangkis telah mencapai posisi yang cukup mengkhawatirkan. Ini terlihat dari jarangnya para pebulu tangkis kita menjuarai even internasional atau regional. Para pengamat mengakui ini perlu penanganan bahkan perhatian dan kerja sama semua pihak. Konjungsi antarklausa pada paragraf di atas adalah .... a. dan, ini b. bahkan c. dan, atau d. yang, atau e. yang, dan |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan kalimat yang rumpang, siswa memilih konjungsi subordinatif yang sesuai |
Butir Soal : Bacalah kalimat berikut dengan saksama ! Bambu adalah material alami yang sering dipandang sebelah mata . . . ia memiliki banyak kelebihan. . . . murah, tahan air, . . . . mempunyai banyak manfaat. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah : a. karena, serta, dan b. sehingga, antara, serta c. namun, juga, dan d. padahal, yakni, dan e. bahkan, misal, juga | |
4 | Indikator : Disajikansebuah paragraf, siswa menentukan konjungsi antarkalimat yang sesuai |
Butir Soal : Sejak pukul 12.00, hari Rabu tangal 23 November, evakuasi besar-besaran mulai dilakukan bagi penduduk Dusun Sumberejo oleh ketiga Pos Komando (Posko), masing-masing Posko Pendopo, kelurahan Salam, Posko Tanjung dan Posko Jumoyo di Kecamatan Muntilan. Dusun Sumberejo dan Dusun Turgo termasuk dua daerah yang mengalami kerusakan hebat karena beberapa rumah hancur dan puluhan tembok rumah retak. Karena kegawatan keadaan, pos pemantauan Merapi di Dusun Kalibening, ke Kecamatan Dukuh, dan Kelurahan Kaliurang dipertahankan. Namun bangunan pos pemantauan di Pos Atas Kaliurang tersebut mengalami retak-retak, sedang sebagian kaca jendela dan pintu meleleh terkena awan panas. Kata penghubung antarkalimat yang terdapat dalam paragraf di atas adalah .... a. bagi – dan b. oleh – yang c. karena – namun d. mulai – sejak e. atas – tersebut | |
5 | Indikator : Disajikan kalimat yang rumpang, siswa memilih konjungsi yang sesuai |
Butir Soal : ... laki-laki ... perempuan mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menegakkan hukum. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah.... a. karena, dan b. baik, serta c. walau, dan d. meski, maupun e. baik, maupun |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Menentukan kata serapan untuk melengkapi paragraf |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Siswa menentukan kata serapan yang tepat |
Butir Soal : Penulisan kata serapan yang tepat terdapat dalam kalimat ... a. Setiap rumah sebaiknya memiliki apotek hidup. b. Para atlit menerima wejangan dari pelatih. c. Kami mendengarkan santapan rokhani setiap pagi. d. Agar bentuknya seragam harus distandarisir. e. Uang transport yang kami terima tidak memadai. | |
2 | Indikator : Siswa menentukan penggunaan istilah yang tepat |
Butir Soal : Penggunaan istilah yang tepat terdapat dalam kalimat ... a. Korupsi merupakan tindakan yang kriminil dan perlu dibasmi. b. Pekerjaan yang kreativitas menghendaki kecerdasan yang tinggi. c. Ia dikenal sebagai seorang kritik sastra yang tajam dan terpercaya. d. Perkumpulan sepak bola itu mencari pelatih yang berkualifikasi nasional. e. Setiap perguruan tinggi ingin menghasilkan sarjana yang kualitas. |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan kata serapan yang tidak ada dalam paragraf |
Butir Soal : Orang-orang muda berkecenderungan untuk tidak mau terikat pada apa yang disebut oleh Francis Bacon idola tribus, berhala masyarakat lingkungan. Ikatan, cara berpikir, adat, cara hidup yang biasanya demikian kuat mengikat kebebasan suatu masyarakat, bagi orang muda dipandang sebagai sesuatu yang mengikat kebebasan (dinamisitas, kreativitas) mereka. Kecenderungan inilah yang membuat orang-orang muda lebih dapat berperan dalam dinamika perubahan rasial. Kata serapan yang tidak terdapat dalam bagian laporan seminar di atas adalah .... a. aktivitas b. rasial c. dinamika d. kreativitas e. dinamisitas | |
4 | Indikator : Disajikan lima kalimat, siswa menentukan satu kalimat yang menggunakan kata serapan dengan benar |
Butir Soal : Penulisan kata serapan yang tepat terdapat pada kalimat.... a. Projek pengembangan jalan itu akan dilaksanakan setelah anggaran RAPBN disusun. b. Kita harus mengikuti sistim yang berlaku sesuai dengan kebiasaan setempat. c. Adik membeli obat di apotik yang buka selama dua puluh empat jam. d. Kakak baru saja memperoleh ijazah sarjana dari universitas yang terkenal di kotaku. e. Mintalah kwitansi pembelian barang sebagai bukti pembelian. | |
5 | Indikator : Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan makna kata serapan |
Butir Soal : Mulailah menjaga kesehatan dengan memperhatikan sanitasi. Makna kata sanitasi adalah .... a. kebutuhan vitamin dalam tubuh b. keseimbangan jasmani dan rohani c. kekebalan tubuh d. kebutuhan cairan dalam tubuh e. kesehatan lingkungan |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi paragraf dengan kata baku |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan kata baku yang cocok |
Butir Soal : Pada rute terakhir itu, kondisi kami sudah tidak optimal. Padahal jalan yang akan kami telusuri sungguh berat dengan resiko tinggi. Lorong gua menurun terjal dengan jarak 60 meter sampai 70 meter. Bukan cuma licin, air yang tergenang juga mengalir dan jatoh mengikuti bentuk lorong gua. Kalau sampai terpeleset bisa berbahaya. Kata baku yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah.... a. risiko, hanya, jatuh b. risiko, cuman, jatuh c. resiko, cuman, jatuh d. resiko, hanya, jatoh e. resiko, cuman, jatuh | |
2 | Indikator : Disajikan lima kalimat, siswa menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak baku |
Butir Soal : (1) Bukan cuma pemerintah yang perlu berpikir tentang masalah pendidikan. (2) Masyarakat pun diharapkan berperan serta. (3) Karena pendidikan adalah tanggung jawab kita semua. (4) Peningkatan kecerdasan bangsa merupakan cita-cita bangsa. (5) Hal ini jelas terdapat dalam undang-undang negara kita Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah kalimat nomor ... a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5) |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan contoh sebuah kalimat dengan kata ulang, siswa menentukan penggunaan kata ulang yang sesuai dengan contoh |
Butir Soal : Mereka selalu tolong-menolong dalam berbagai hal. Kata ulang yang terbentuk dengan kata ulang di atas, terdapat dalam kalimat... a. Sebelum musim hujan, warga bergotong-royong membersihkan selokan. b. Rumah-rumah penduduk yang dilanda banjir rusak berat. c. Pada hari Lebaran, kami bertandang ke rumah tetangga-tetangga. d. Kami menari-nari kegirangan karena mendapat hadiah dari ayah kami. e. Kami makan dengan lauk-pauk seadanya. |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan sebuah kalimat imbuhan per-an, siswa menentukan imbuhan ke-an yang maknanya sama dengan imbuhan per-an |
Butir Soal : Angkutan umum itu berhenti di persimpangan jalan. Makna kata berimbuhan ke-an berikut ini yang semakna dengan kata berimbuhan per-an di atas adalah ... a. Kedatangan kereta api Argobromo mengalami keterlambatan. b. Bangsa Indonesia wajib mempertahankan persatuan dan kesatuan. c. Karena bangun kesiangan, ia datang terlambat di sekolah. d. Kaum ibu berkumpul di kelurahan pukul 10.00. e. Keheningan malam mengingatkan aku pada peristiwa naas itu. | |
2 | Indikator : Disajikan sebuah kalimat imbuhan ter-, siswa menentukan kalimat berimbuhan ter- yang maknanya sama |
Butir Soal : Buku bahasa Indonesiaku terbawa oleh Adi. Imbuhan ter- yang semakna dengan imbuhan ter- dalam kalimat di atas ialah ... a. Karena kurang hati-hati, ia terjatuh di parit itu. b. Setiap pagi Tita tergesa-gesa berangkat sekolah. c. Lampu hias itu sudah terpasang di seluruh sudut kota. d. Bazar itu mengadakan obral pakaian termurah. e. Saya terkejut mendengar berita duka itu. |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan sebuah kalimat imbuhan per-an, siswa menentukan imbuhan per-an yang maknanya berbeda |
Butir Soal : Pertemuan kedua remaja itu bisa berkelanjutan. Proses pembentukan imbuhan per-an pada kata berikut ini yang tidak sama dengan pembentukan kata pertemuan adalah ... a. Perbaikan jembatan itu sudah dimulai. b. Pertempuran itu telah menelan banyak korban. c. Perkumpulan pemuda di kampungku sangat baik. d. Perjanjian itu dibuat di bawah tangan. e. Perdebatan itu tak kunjung usai. | |
4 | Indikator : Disajikan lima kalimat, siswa menentukan penggunaan imbuhan ber-kan yang tepat |
Butir Soal : Perhatikan kalimat-kalimat berikut! (1) Waktu itu kami tidak bersenjatakan. (2) Dia sudah beristrikan lebih dari lima tahun. (3) Istana itu bermandikan cahaya. (4) Dia berkedudukan sangat tinggi. (5) Kota yang indah itu bermandikan dengan lampu. Penggunaan imbuhan ber-kan yang tepat terdapat dalam kalimat .... a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5) | |
5 | Indikator : Siswa menentukan imbuhan pe-an yang bermakna ambigu |
Butir Soal : Kalimat yang menggunakan kata berimbuhan pe-an yang bermakna ganda (ambigu) adalah ... a. Pemakaman tokoh yang terkenal itu ramai dikunjungi orang. b. Pesawat yang naas itu jatuh di pegunungan yang memiliki jurang yang curam. c. Kepala sekolah sedang memberikan pengarahan rapat OSIS di aula. d. Wisatawan asing itu senang sekali dengan alam pedesaan yang masih asli. e. Pemukiman para perambah hutan jauh dari keramaian kota. |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi paragraf deskripsi dengan kalimat yang sesuai |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf yang belum selesai, siswa melengkapi paragraf |
Butir Soal : Bacalah paragraf deskripsi berikut dengan saksama! Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah menguning untuk siap panen. Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama tinggal bersama Bibi Ani. … Kalimat yang tepat untuk.melengkapi paragraf tersebut adalah … a. Sungai di sekitar pegunungan itu sering menyebabkan banjir b. Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam c. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor d. Sungai di kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung e. Sungai di sekitar pegunungan itu menambah keindahan | |
2 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan pola pengembangan paragraf |
Butir Soal : Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh manusia untuk membersihkan dirinya adalah mandi. Mandi dan cuci muka adalah salah satu upaya untuk mengangkat kotoran yang berasal dari debu yang menempel di kulit, yang merupakan media yang baik bagi bakteri atau jamur. Di samping itu, mandi juga merupakan upaya untuk perawatan kulit agar terlihat segar dan bersih. (Terampil Berbahasa Indonesia 3, 1995 : 18) Paragraf di atas disusun dengan pola pengembangan .... a. narasi b. deskripsi c. eksposisi d. argumentasi e. persuasi |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL | |||
3 | Indikator : Disajikan perbedaan paragraf eksposisi dan argumentasi yang masih salah, siswa menentukan perbedaan kedua paragraf tersebut | |||
Butir Soal :
Perbedaan kedua paragraf tersebut adalah ... a. Eksposisi menjelaskan tentang objek, sedangkan Argumentasi memerlukan fakta untuk menjelaskan objek. b. Eksposisi memerlukan analisis untuk memberi kesimpulan, sedangkan argumentasi menggali sumber ide untuk suatu penegasan. c. Eksposisi menggali sumber ide pengamatan untuk mendapat kesimpulan, sedangkan argumentasi menggali sumber ide untuk suatu penegasan. d. Eksposisi menjelaskan objek untuk memberi penegasan, sedangkan argumentasi menjelaskan pendapat untuk meyakinkan pembaca. e. Eksposisi mengungkapkan fakta untuk menjelaskan objek, sedangkan argumentasi tidak mengungkapkan fakta dari pengamatan dan penelitian. | ||||
4 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf yang belum selesai, siswa menentukan jenis paragraf | |||
Butir Soal : Kota itu sudah disebut kota mati. Penduduk yang berjumlah sekitar 15.000 jiwa, sebagian mengungsi dan yang lain meninggal dunia karena adanya musibah gempa bumi. Di sana-sini tidak tampak tanda kehidupan. Sawah ladang puso. Rumah-rumah kosong tidak berpenghuni. Jenis paragraf di atas adalah .... a. persuasi b. argumentasi c. eksposisi d. narasi e. deskripsi |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi paragraf deskripsi dengan frasa yang sesuai |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan frasa yang terdapat dalam kalimat |
Butir Soal : Kemarin Pak Ali membeli mobil baru bersama temannya. Frasa yang terdapat dalam kalimat di atas adalah .... a. kemarin Pak Ali b. Pak Ali membeli c. membeli mobil d. mobil baru e. bersama temannya | |
2 | Indikator : Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan frasa endosentris koordinatif yang terdapat dalam kalimat |
Butir Soal : Killy Gonzales juga sanggup bermain melebar ke sayap, posisi yang tidak bisa dijalani secara maksimal oleh Batistuta dan Crespo. Frasa endosentris koordinatif dalam kalimat di atas adalah .... a. Batistuta dan Crespo b. secara maksimal c. tidak bisa dijalani d. melebar ke sayap e. sanggup bermain |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan frasa endosentrik atributif yang terdapat dalam kalimat |
Butir Soal : Suami istri itu sedang mendengarkan warta berita tentang kematian sanak saudaranya yang tertimpa musibah banjir. Frase endosentrik atributif dalam kalimat di atas adalah .... a. suami istri b. sedang mendengarkan c. warta berita d. sanak saudara e. tertimpa banjir | |
4 | Indikator : Disajikan empat kalimat, siswa menentukan frasa yang berpola sama yang terdapat dalam kalimat |
Butir Soal : 1. Aku makan soto ayam di warung. 2. saya bertemu dokter muda itu. 3. Pameran pembangunan ditutup oleh Bupati. 4. Jangan bicara jika sedang makan. Frase yang berpola sama terdapat dalam kalimat .... a. 1, 2, 3, 4 b. 1, 2, 3 c. 1, 3 d. 2, 4 e. 3, 4 | |
5 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan frasa koordinatif yang terdapat dalam kalimat |
Butir Soal : Ancaman baru di ibukota belum mereda. Kewaspadaan dan kepedulian masyarakat dalam hal ini sangat diharapkan. Masyarakat tentunya tidak mau aktivitas kesehariannya terganggu oleh teror yang ditebar oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu terorisme harus dilawan dengan keberanian dan kebersamaan. Frase koordinatif dalam paragraf di atas adalah .... a. di ibukota b. harus dilawan c. bertanggung jawab d. keberanian dan kebersamaan e. belum mereda |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi paragraf analogi |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf analogi, siswa menentukan hal-hal yang dibandingkan |
Butir Soal : 1. Perawatan tanaman dilakukan dengan seksama, yaitu diberi pupuk, disirami, dan disiangi rumput yang mengganggunya. Sehingga, tanaman tumbuh subur dan berkualitas baik. Jika berbuah dapat dinikmati dengan rasa puas. Begitu pula manusia. Sejak bayi, sang ibu memperhatikan gizi, memberi kasih sayang dan pendidikan yang layak, serta menghindari hal-hal negatif. Kelak si anak menjadi orang yang berguna dan keberadaannya dibutuhkan orang. Jadi, merawat dan membesarkan anak hingga menjadi orang yang berguna seperti merawat tanaman untuk memperoleh kualitas yang baik. Hal yang dibandingkan dalam paragraf tersebut adalah .... a. merawat anak dengan merawat tanaman b. kualitas anak sama dengan kualitas tanaman c. perawatan tanaman sama halnya perawatan anak d. gizi anak dengan gizi tanaman haruslah sama e. seorang anak dengan tanaman tidak jauh berbeda | |
2 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan jenis pengembangan paragraf |
Butir Soal : 2. Kepemimpinan seorang bapak dalam rumah tangga bak nakhoda mengemudikan kapal. Bapak menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab terhadap istri dan keluarganya. Sama seperti nakhoda yang mampu memimpin dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Jika kepimimpinan kepala keluarga baik, akan baiklah keluarga tersebut, sama halnya dengan kapal yang dikemudikan nakhoda. Paragraf di atas dikembangkan dengan pola .... a. sebab akibat b. pengandaian c. ilustrasi d. analogi e. penjelasan |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf analogi, siswa menentukan simpulan paragraf |
Butir Soal : Bacalah dengan paragraf analogi yang belum memuat simpulan di bawah ini dengan saksama! Perjalanan hidup ibarat siklus terbit dan tenggelamnya matahari. Terbitnya matahari tidak ubahnya kelahiran manusia. Puncak kehidupan manusia, baik dilihat dari produktivitas maupun kedewasaannya seumpama matahari tepat di atas kepala. Setelah itu, kehidupan mulai berangsur surut seperti bergulirnya matahari menuju peraduannya. Terbenam. Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf analogi di atas adalah ... a. Manusia pun pada akhirnya harus mengalami masa surut: tua. b. Tidak ubahnya manusia yang pada saatnya juga harus berhenti beraktivitas pada malam hari. c. Demikian juga manusia, pada akhirnya harus mati. d. Manusia pun, pasa saatnya harus berhenti menjalani hidup, mati untuk hidup di alam lain. e. Tidak berbeda dengan tenggelamnya matahari, manusia pun akhirnya harus terbenam pula. | |
4 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf analogi, siswa menentukan hal-hal yang dibandingkan |
Butir Soal : Perubahan alam semesta yang mengembang dapat diterangkan seperti apa yang terjadi pada balon karet yang dikembangkan. Balon karet berwarna ketika dikembangkan warna balon ikut mengembang. Semakin besar balon mengembang semakin pudar warna balon. Intensitas sinar warna semakin berkurang karena warna-warna mengembang. Cahaya bintang-bintang di angkasa, menurut para ahli, juga semakin berkurang intensitasnya. Maka mereka menyimpulkan bahwa bintang-bintang itu semakin menjauh dari kita dan alam semesta mengembang. Hal yang dibandingkan dalam paragraf analogi di atas adalah .... a. alam semesta dan bintang-bintang b. balon karet dan warna balon c. alam semesta dan balon karet d. cahaya bintang dan angkasa e. balon mengembang dan warna pudar | |
5 | Indikator : Disajikan lima kalimat, siswa menentukan kalimat analogi |
Butir Soal : (1) Saya mau membantu dia asalkan dia mau bertanggungjawab. (2) Dia datang ketika saya tidak di rumah. (3) Kita tertarik pada planet mars karena banyak persamaannya dengan bumi kita. (4) Pemerintah akan memasok semua kebutuhan lebaran. (5) Laki-laki yang merampas kalung ibu itu ditangkap polisi Contoh analogi terdapat pada kalimat dengan nomor.... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Memperbaiki kalimat simpulan generalisasi |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf generalisasi, siswa menentukan simpulan |
Butir Soal : 1. Di Asia Selatan lebih dari setengah jumlah populasi anak yang menderita kekurangan gizi. Banyak anak yang tumbuh dengan berat badan yang kurang di Asia Tenggara. Begitu pula halnya di Afrika, status gizi satu dari tiga anak sangat buruk. Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi di atas adalah ... a. Dari data di atas dapat disimpulkan banyak anak di dunia yang menderita cacat. b. Jadi, kematian terbesar yang terjadi pada anak-anak di dunia adalah akibat kekurangan gizi. c. Dapat disimpulkan kekurangan gizi pada anak banyak terjadi di negara berkembang. d. Dari data di atas dapat disimpulkan banyak anak-anak yang menderita kelaparan. e. Jadi, kekurangan gizi pada anak-anak dapat mengakibatkan kematian anak-anak tersebut. | |
2 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf generalisasi, siswa menentukan simpulan |
Butir Soal : Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan saksama Ular, biawak, cecak, dan sebagainya termasuk jenis binatang melata. Seperti jenis binatang lainnya, binatang-binatang tersebut memerlukan air. Begitu juga tumbuh-tumbuhan misalnya mawar, kelapa, sawo. Manusia juga memerlukan air. Manusia, tumbuh-tumbuhan dan binatang sangat memerlukan air. Simpulan paragraf tersebut adalah ... a. Semua manusia memerlukan air. b. Tumbuhan memerlukan air untuk hidup c. Semua makhluk hidup sangat memerlukan air d. Setiap orang memerlukan air untuk hidup e. Semua binatang memerlukan air untuk hidup |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf generalisasi, siswa menentukan simpulan |
Butir Soal : 3. Albert Einstein tak memerlukan uang, gelar-gelar, dan pujian. Ia menciptakan kebahagiaan sendiri dengan hal-hal sederhana, misalnya bekerja atau bermain biola. Walt Disney hanya mengendarai mobil bekas meskipun mengendarai Rolls Royce mewah pun bisa jika dia mau. Wrigh bersaudara, si pencipta pesawat terbang, sangat sederhana hidup dan tingkah lakunya. Thomas Alfa Edison senang bekerja di laboratorium semalam suntuk. Alfred Nobel mewariskan seluruh kekayaannya yang cukup besar untuk penghargaan bagi penemu atau ilmuwan yang berjasa bagi kehidupan umat manusia. Kalimat simpulan yang tepat untuk paragraf generalisasi di atas adalah … a. Jadi, banyak hal yang dapat diteladani dari kehidupan para tokoh dunia. b. Mereka berlaku seperti itu karena tidak ingin terkenal c. Hal itu disebabkan mereka adalah manusia biasa . d. Mereka lebih senang berlaku seperti warga negara yang lain. e. Albert Einstein tidak memerlukan kemewahan dan gelar. | |
4 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf generalisasi, siswa menentukan simpulan |
Butir Soal : 4. Bacalah paragraf generalisasi yang belum sempurna di bawah ini dengan saksama! Beberapa bulan yang lalu pemerintah memulai program percontohan UKM (usaha menengah dan kecil) di suatu daerah. Sasarannya adalah 60 pengusaha. Dana bantuan berbunga rendah yang dikucurkan mencapai Rp 150.000.000,00. Bantuan itu harus mulai dikembalikan secara mengangsur pokok dan bunganya tiga bulan setelah pencairan. Jangka waktu maksimal dua puluh bulan. Enam bulan masa mengangsur tercatat data: 33 orang pengusaha mengangsur tepat waktu. Dua belas orang dapat mengangsur satu bulan lebih cepat dari seharusnya. Tujuh orang pengusaha telah melunasi pokok utang pada bulan keenam. Tiga orang pengusaha bahkan telah melunasi semua kewajiban mengembalikan bantuan. Hanya lima orang yang bermasalah dalam mengangsur bantuan UKM. Itupun hanya tertinggal satu-dua bulan angsuran. Pernyataan yang tepat untuk menyimpulkan paragraf generalisasi di atas adalah a. Masyarakat Kejayaan Timur memiliki kesadaran tinggi dalam mengembalikan bantuan UKM. b. Seluruh pengusaha di Kejayaan Timur telah mengembalikan bantuan UKM tepat waktu. c. Masyarakat Kejayaan Timur sebagian besar telah mengangsur bantuan UKM. d. Pengusaha kecil dan menengah di Kejayaan Timur berkesadaran tinggi untuk mengembalikan bantuan UKM. e. Pengusaha kecil dan menengah di Kejayaan Timur baru sebagian yang memiliki kesadaran tinggi mengembalikan bantuan UKM. |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi paragraf sebab akibat |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf yang belum selesai, siswa melengkapi paragaraf berupa akibat |
Butir Soal : 1. Pahami paragraf rumpang berikut ini! Pada umumnya masyarakat desa hidup dari pertanian. Pada masyarakat yang demikian luas tanah sangat memengaruhi kemakmuran mereka. Ketika penduduk desa belum begitu banyak dan luas, daerah untuk pertanian masih cukup untuk menghidupi mereka, tidak ada persoalan. Sekarang penduduk desa tumbuh terus, sedangkan luas tanah tidak bertambah, sehingga tanah yang digarap pun semakin sempit. … Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …. a. Perekonomian masyarakat menurun drastis b. Masyarakat harus mau menerima kenyataan c. Pemerintah desa harus berusaha menciptakan lapangan kerja baru d. Timbullah kekurangan penghasilan karena sedikitnya lahan garapan e. Masyarakat terpaksa harus mencari pekerjaan lain | |
2 | Indikator : Disajikan sebuah paragraf yang belum selesai, siswa menentukan jenis penarikan kesimpulan |
Butir Soal : Angka kelahiran meningkat dengan pesat. Dengan adanya peningkatan angka kelahiran ini, penduduk menjadi padat. Jumlah penduduk yang sangat banyak mengakibatkan persaingan kerja, sehingga menambah jumlah pengangguran. Banyakya penganggur dapat menimbulkan kekacauan. Cara menarik kesimpulan seperti pernyataan di atas disebut simpulan .... a. sebab akibat b. akibat sebab c. sebab akibat 1,2 d. generalisasi e. analogi |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Siswa melengkapi paragaraf berupa sebab akibat |
Butir Soal : Paragraf yang kalimat utamanya dikembangkan dengan memberi sebab atau akibat yang bersifat logis disebut paragraf .... a. repetisi b. induksi c. sebab akibat d. campuran e. proses |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan PU dan PK, siswa menentukan kesimpulan |
Butir Soal : Cermatilah silogisme berikut! Premis Umum : Siswa yang akan masuk fakultas kedokteran harus bebas narkoba Premis Khusus : Hendra akan masuk fakultas kedokteran Simpulan : …. Simpulan silogisme tersebut adalah …. a. Hendra harus bebas narkoba karena akan masuk kedokteran b. Semua siswa harus bebas narkoba karena akan masuk kedokteran c. Orang yang akan masuk kedokteran bebas narkoba d. Hendra akan masuk fakultas kedokteran jadi harus bebas narkoba e. Hendra harus bebas narkoba | |
2 | Indikator : Disajikan PK dan kesimpulan, siswa menentukan PU |
Butir Soal : PU : ... PK : Aulia warga Indonesia. K : Aulia harus taat membayar pajak. Premis Umum (PU) yang tepat untuk melengkapi silogisme di atas adalah ... a. Harus taat membayar pajak warga Indonesia. b. Aulia warga Indonesia harus taat membayar pajak. c. Semua warga Indonesia yang taat harus membayar pajak. d. Setiap warga Indonesia harus taat membayar pajak. e. Aulia harus membayar pajak karena ia warga Indonesia |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
3 | Indikator : Disajikan PU dan kesimpulan, siswa menentukan PK |
Butir Soal : Cermati silogisme berikut! Premis Umum : Semua anak terlantar akan ditampung dip anti asuhan pemerintah Premis Khusus : …. Simpulan : Bayu akan ditampung di panti asuhan pemerintah Pernyataan yang paling tepat untuk mengisi premis khusus adalah …. a. Bayu pasti ditampung di panti asuhan b. Bayu anak terlantar yang ditampung di panti asuhan c. Bayu anak terlantar d. Bayu dan anak terlantar lain ditampung di panti asuhan e. Bayu dan temannya ditampung di panti asuhan | |
4 | Indikator : Disajikan PK, PK, dan kesimpulan, siswa menentukan entimem |
Butir Soal : Cermati silogisme berikut dengan saksama! PU : Semua pejabat negara harus jujur dan hidup sederhana. PK : Mogundha pejabat negara. S : Mogundha harus jujur dan hidup sederhana Entimem yang tepat adalah … a. Mogundha pejabat negara oleh karena itu ia harus jujur dan hidup sederhana b. Mogundha harus jujur dan hidup sederhana karena ia pejabat negara c. Mogundha harus jujur dan sederhana karena seorang pejabat d. Mogundha seharusnya jujur dan sederhana e. Sebagai Menteri Mogundha selayaknya jujur dan sederhana | |
5 | Indikator : Disajikan PU dan PK, siswa menentukan kesimpulan |
Butir Soal : Perhatikan silogisme yang masih rumpang di bawah ini! PU : Semua karya sastra mengandung nilai-nilai kemanusiaan yang dapat dijadikan pelajaran hidup. PK : Harimau! Harimau karya Muchtar Lubis adalah karya sastra. K : .... Pernyataan yang tepat untuk melengkapi silogisme rumpang di atas adalah ... a. Harimau!Harimau! karya Muchtar Lubis mengandung nilai-nilai kemanusiaan yang dapat dijadikan pelajaran hidup. b. Harimau! Harimau! karya Muchtar Lubis dapat dijadikan pelajaran hidup karena mengandung nilai-nilai kemanusiaan. c. Harimau! Harimau! karya Muchtar Lubis dapat dijadikan pelajaran hidup dan mengandung nilai-nilai kemanusiaan d. Harimau! Harimau! karya Muchtar Lubis mengandung nilai-nilai kemanusiaan dan dapat dijadikan pelajaran hidup. e. Harimau! Harimau! karya Muchtar Lubis adalah karya sastra yang mengandung nilai-nilai kemanusian yang dapat dijadikan pelajaran hidup |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Melengkapi paragraf narasi |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : |
Butir Soal : Sudah enam kali matahari terbenam di balik bukit sejak suaminya pergi. Tiga hari yang lalu seharusnya sudah tampak olehnya laki-laki itu menuruni jalan setapak di pinggang bukit. Tetapi sampai hari itu belum tampak juga dan sebentar lagi akan ketujuh kalinya matahari menghilang di sana. Paragraf di atas termasuk jenis paragraf .... a. narasi b. deskripsi c. eksposisi d. argumentasi e. persuasi |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI |
Menulis: menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi argumentatif, teks pidato, artikel/ esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. | 1. Menyusun kalimat acak menjadi paragraf |
NO | VARIASI / PREDIKSI URAIAN BUTIR SOAL |
1 | Indikator : Disajikan lima kalimat secara acak, siswa menentukan urutan kalimat menjadi paragraf yang padu |
Butir Soal : (5) Dengan berolahraga, badan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit akibat kegemukan. (2) Pikiran yang telah jenuh menjadi segar kembali dan bersemangat. (4) Bakat dan hobi yang terpendam dapat disalurkan dan dikembangkan sehingga dapat menciptakan prestasi. (1) Karena waktu luang dimanfaatkan dengan berolahraga, kita terhindar dari perbuatan yang merugikan. (3) Karena banyak bergaul, pandangan kita tidak sempit dan sikap kita terpupuk menjadi toleran dan sportif. Kalimat di atas apabila disusun menjadi sebuah paragraf yang padu susunan yang benar adalah …. a. 1-2-3-4-5 b. 5-2-4-1-3 c. 2-3-4-5-1 d. 3-2-1-4-5 e. 2-5-4-1-3 | |
2 | Indikator : Disajikan lima kalimat secara acak, siswa menentukan urutan kalimat menjadi paragraf yang padu |
Butir Soal : Bacalah kalimat-kalimat herikut! (1) Tabungan lemak kita pun menjadi bertumpuk dan obesitas mulai menampakkan diri. (2) Bila kondisi dalam fase pertama berlanjut, sel-sel organ tubuh bakal "jenuh'' dengan insulin. (3) Tahapan ini dinamakan fase kedua resistensi insulin. (4) Akibatnya. insulin menuju ke jaringan lemak. (5) Sel-sel, terutama di hati dan otot mengeblok insulin sehingga insulin dan gula darah yang masuk ke dalam organ itu berkurang. Susunan kalimat yang padu menjadi sebuah paragraf Terdapat pada deretan ... a. (5), (4), (1), (3), (2) b. (5), (2), (1), (4), (3) c. (3), (5), (2), (4), (1) d. (1), (4), (2), (3), (5) e. (2), (3), (4), (1), (5) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar