Senin, 08 November 2010

BAB I

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Standar Nasional Pendidikan tercipta berkat Undang-Undang No.20
Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan
yang terdapat dalam PP No. 19 Tahun 2005 tersebut memuat beberapa
kandungan, yaitu: Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Proses, Standar Sarana dan
Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian
Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan
kurikulum yang dirancang oleh sekolah untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Dalam pembuatannya, KTSP harus mengacu pada PP No. 19 Tahun
2005. Hal ini disebabkan KTSP yang disusun berbasis pada kompetensi serta
dikembangkan sendiri oleh sekolah dengan melibatkan guru sebagai pelaksana
ujung tombak dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang perlu diperhatikan
oleh sekolah dalam penyusunan KTSP adalah: 1) Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya; 2)
Beragam dan terpadu; 3) Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni; 4) Relevan dengan kebutuhan kehidupan; 5) Menyeluruh
untuk mendapatkan file lengkap silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar